Petugas Cek Uji Kelayakan Kendaraan Jelang Arus Mudik

POLRES MAJALENGKA – Rabu 14 juni 2017, Kepolisian Satlantas Polres Majalengka dan Dinas Perhubungan (Dishub) Majalengka, melakukan pemeriksaan uji kelayakan kendaraan ke Perusahaan Otobus (PO) yang ada di Kabupaten Majalengka.

Menurut keterangan Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Iwan Setiawan,SH, melalui Kanit Dikyasa Lantas Iptu Y Rusyanto, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui kelayakan bus itu menjelang datangnya arus mudik dan balik Lebaran mendatang.

“Kita langsung melakukan pengecekan fisik dan juga pengecekan administrasi,” kata Kanit Dikyasa.

Dikatakan Kanit Dikyasa, pengecekan fisik terdiri dari pengujian komponen kelengkapan berkendara, mulai dari rem, lampu, serta pengujian mesin. Tidak hanya itu, kelengkapan keselamatan berkendara, seperti spion, ban dan beberapa komponen lain tidak luput dari perhatian para petugas yang datang melakukan pemeriksaan.

Sedangkan untuk bagian administrasi terdiri dari pengecekan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), surat uji kir, serta surat izin trayek yang masih berlaku.

“Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengetahui kesiapan dari masing masing perusahaan otobus menjelang arus mudik dan balik berlangsung,” ungkap Kanit Dikyasa Lantas Iptu Y Rusyanto.

Menurutnya, dengan adanya pemeriksaan itu dapat diketahui adanya kendaraan yang layak atau tidak layak untuk dipakai saat arus mudik dan arus balik mendatang.

Jika ditemukan armada yang tidak layak, lanjut Kanit Dikyasa Lantas Iptu Y Rusyanto, maka pihaknya segera bisa meminta kepada para pengelola bus untuk memperbaiki armada mereka hingga nantinya layak pakai.

“Menjelang Lebaran seperti ini banyak pengelola yang lalai mengenai standar keselamatan dan kelengkapan armada mereka, sehingga kami langsung mengecek ke garasi bus masing masing,” ucapnya.

Selain melakukan pengecekan di garasi bus, pihaknya juga akan melakukan hal yang sama di setiap terminal yang ada di Majalengka.

Hal ini dilakukan, kata Kanit Dikyasa Lantas Iptu Y Rusyanto, guna mengantisipasi adanya armada dari luar kota yang lolos pengawasan dan beroperasi di Kabupaten Majalengka. Sehingga dengan pengecekan di terminal, sasarannya akan lebih banyak dan lebih luas.

“Ini semua demi kelancaran arus mudik dan balik lebaran nanti, semoga dengan seperti ini tidak akan ada halangan dan keselamatan para penumpang dapat terjamin” tukas dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s